Khasiat Akar Wangi


akar wangi
Akar wangi memiliki nama ilmiah Vetiveria zizanioide. Akar wangi merupakan tanaman rumput yang tumbuh tegak hingga dapat mencapai tinggi 1 hingga 2,5 meter.  Apa saja khasiat dari tanaman berdaun tunggal ini ?

Akar wangi memiliki batang yang tumbuh tegak namun lunak.Warna batangnya putih, dengan ruas-ruas di sekeliling batang. Daun akar wangi berbentuk pita, dengan warna hijau.

Bunga tanaman berkhasiat ini bentuknya menyerupai padi namun berduri dan berwarna putih kotor. Sedangkan bunga tanaman obat in itumbuh di ujung batang dan memiliki bentuk bulir. Tanaman akar wangi memiliki akar serabut dan berwarna kuning. Salah satu ciri yang menjadikan tanaman ini dinamakan akar wangi adalah karena akarnya memang mengeluarkan bau wangi yang cukup pekat.

Bagian Mana yang Bermanfaat dari Akar Wangi ?

Akar wangi pada umumnya digunakan akarnya sebagai ramuan tradisional.

Apa Saja Khasiat dan Manfaat Akar Wangi ?

Sesuai dengan namanya, penggunaan akar wangi tak jauh dengan hal-hal yang berhubungan dengan wewangian. Akar wangi merupakan bahan yang digunakan untuk menghasilkan minyak vetiveria (minyak esensial), yang dibutuhkan dalam industri kosmetik, parfum, serta sabun untuk mandi.

Akar wangi juga dapat digunakan untuk mengusir serangga .bahkan ramuan akar wangi dapat digunakan sebagai obat kumur serta obat gosok.

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...