Khasiat Jambu Monyet

jambu monyet
Jambu monyet memiliki nama ilmiah Anacardium occidentale Linn. Jambu monyet di beberapa daerah juga sering disebut dengan jambu mente, jambu mete, jambu mede, dan gaju. Tumbuhan ini dapat tumbuh hingga mencapai 12 meter. Apa ya khasiatnya ?
Tumbuhan jambu monyet memiliki biji berkeping dua.Pohon jambu monyet ini dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 12 meter. Pohon jambu monyet memiliki cabang yang banyak dan warna cabangnya cokelat tua.

Daun jambu monyet bentuknya lonjong, memiliki tepian berlekuk, dan tangkai yang pendek. Di saat muda daun jambu monyet berwarna merah kecokelatan. Ketika tua, daun jambu monyet berwarna hijau tua dan cerah.

Bunga tumbuhan berkhasiat ini terletak di ujung cabang dan memiliki bau yang harum. Bunga jambu monyet warnanya putih ketika mekar. Di saat mulai matang maka warna bunganya mulai berwarna merah.

Buah jambu monyet bentuknya secara kasat mata seperti buah pir. Daging buahnya lunak dan berair. Warna buahnya kuning kemerah-merahan. Buah sebenarnya berupa buah batu yang berbentuk ginjal, kulitnya keras, dengan warna abu-abu. Sering disebut dengan mente.

Bagian Mana yang Bermanfaat dari Jambu Monyet ?

Bagian yang sering digunakan dari tumbuhan jambu monyet adalah buah dan daunnya.

Apa Saja Khasiat dan Manfaat Jambu Monyet ?

Jambu monyet mengandung tanin dan kardol yang bermanfaat sebagai antibakteri. Secara keseluruhan jambu monyet dapat digunakan untuk mengurangi resiko diabetes, mengobati disentri dan radang.

Semoga bermanfaat.   



2 komentar:

  1. Jambu Monyet si biji besar ini manfaatnya banyak yaa
    di http://kebunbibit.com/tanaman-buah/519-jambu-monyet.html menyediakan tanaman ini loh ^_^

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...