Khasiat Beluntas

Tanaman obat beluntas memiliki nama ilmiah Pluchea indica (L.) Less. Di beberapa daerah beluntas juga dikenal dengan nama luntas, baluntas, baruntas,dan beberapa nama lainnya. Beluntas merupakan tanaman semak-semak yang tumbuh tegak hingga mencapai 2 meter. Apa saja khasiat beluntas ?
 

Tanaman beluntas adalah tanaman berkhasiat yang memiliki banyak cabang. Daunnya tunggaldan berbentuk bulat telur. Warna daun hijau muda.

Daun beluntas baunya harum ketika diremas. Bunga beluntas berbentuk bonggol memiliki gagang dan berwarna ungu. Buah beluntas berwarna cokelat.

Semak-semak beluntas bercabang banyak dan ramping, tumbuh tegak dengan wana dahan cokelat tua,dan hijau di bagian ujung.

Bagian Mana yang Berkhasiat dari Beluntas ?

Beluntas merupakan tanaman herbal yang sangat bermanfaat.Hampir seluruh bagian tanaman dapat digunakan sebagai ramuan tradisional.

Apa Saja Khasiat dan Manfaat Beluntas ?

Daun beluntas dapat digunakan sebagai penurun panas. Daun beluntas juga berkhasiat untuk menyembuhkan luka radang, serta mengobati skabies. Daun tanaman berkhasiat ini juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan menambah nafsu makan, menghilangkan bau badan dan sakit pinggang.

Daun beluntas yang diolah dengan menghaluskannya dapat dikonsumsi untuk mengharumkan nafas dan menghilangkan bau tak sedap.

Rebusan daun beluntas dan batangnya dapat digunakan untuk mengurangi asma. 

Semoga bermanfaat.



1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...