Khasiat Adem Ati

Adem Ati
Adem Ati memiliki nama ilmiah Litsea glutinosa (Lour.) C.D. Robins. Dalam bahasa Sunda tumbuhan ini memiliki beberapa nama lain seperti Huru batu, huru tangkalak,dan madang kapas. Sedangkan dalam bahasa Jawa dikenal dengan nama nyampu wingka, wuru beling, adem ati,dan kapu ketek.
Tanaman obat Adem Ati merupakan tanaman yang berjenis pohon. Tinggi pohon Adem Ati dapat mencapai 10 meter. Pohon tersebut berwarna kekuningan dan memiliki batang bercabang.

Tanaman obat Adem Ati berdaun tunggal dengan bentuk agak oval, warnanya hijau. Mahkota bunga Adem Ati berwarna putih kekuningan. Tanaman obat Adem Ati memiliki buah yang berbentuk bulat dengan warna hijau. Apabila telah matang dan menua warnanya berubah menjadi kehitam-hitaman.

Bagian Mana yang Bermanfaat ?

Adem Ati termasuk tanaman obat serbaguna. Hal ini dikarenakan hampir setiap bagiannya dapat dimanfaatkan. Pada umumnya yang digunakan sebagai ramuan adalah akar, daun,dan kulit pada batangnya.

Apa Saja Kandungan Kimianya ?

Tanaman obat Adas memiliki kandungan kimia antara lain alkaloid, flavonoid, polifenol, minyak atsiri, dan tanin.

Manfaat dan Khasiat

Adem Ati memiliki rasa perpaduan antara manis dan pahit, serta berefek mendinginkan sehingga dapat digunakan sebagai anti inflamasi, analgesik (pereda rasa sakit), dan menghentikan perdarahan.

Akar Adem Ati bermanfaat untuk mengatasi diare, penyakit kulit (obat luar), dan pencernaan. Daun dan kulit batangnya dapat digunakan untuk mengobati luka, radang pada kulit, dan bisul.      
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...