Khasiat Delima

delima
Buah delima memiliki dahan yang indah. Buah ini merupakan salah satu buah-buahan yang disebutkan dalam Al-Quran. Buah dengan nama ilmiah Punica granatum L. ini merupakan tanaman perdu (pohon kecil) dengan potensi ketinggian pohon dapat mencapai 5 meter. Apa saja khasiat delima ?
Ciri-ciri tanaman ini adalah memiliki banyak sekali cabang-cabang berdiameter kecil. Daun-daun delima berukuran kecil dan bertangkai pendek. Banyak orang gemar mennamam pohon delima di pekarangan rumahnya karena bentuknya yang indah.

Delima memiliki bunga tunggal, bertangkai pendek. Warna bunga bermacam-macam tergantung dengan jenis delimanya. Ada warna merah, putih, kuning pucat, hingga ungu kehitaman.

Buah delima memiliki diamter cukup besar hingga terkadang mencapai diamater 15 cm. Kulitnya berwarna kekuningan ada pula yang berwarna merah, hijau, dan putih kecokelatan.

Bagian Mana yang Bermanfaat dari Delima ?


Wow. Delima benar-benar penuh manfaat. Hampir seluruh bagian dari tanaman obat berbuah lezat ini memiliki khasiat. Buah, biji, kulit buah, bunga, kulit kayu, kulit akar dapat dimanfaatkan sebagai ramuan berkhasiat.

Apa Saja Manfaat dan Khasiat Delima ?

Kulit buah delima memiliki rasa pahit dan asam.Berkhasiat untuk menghentikan perdarahan, meluruhkan cacing usus, mengatasi diare, serta sangat baik sebagai pemusnah virus dalam tubuh.

Kombinasi kulit buah dan bunganya merupakan astringen yang kuat sehingga rebusan keduanya dapat menghentikan perdarahan.

Kulit kayu dan kulit akar dapat digunakan sebagai peluruh dahak peluruh cacing usus, obat pencahar alami.

Daging buah delima berkhasiat sebagai penyejuk. Biji delima dapat digunakan sebagai pereda demam serta meredakan batuk. Daun delima berkhasiat untuk meluruhkan haid. 

Semoga bermanfaat.

4 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...