Khasiat Mentimun

mentimun
Mentimun memiliki nama ilmiah Cucumis Sativus Linn. Tanaman ini sangat dikenal masyarakat, ada yang menggunakannya sebagai bahan lalapan, hingga dijadikan masker untuk kecantikan. Sebenarnya apa saja khasiat dari Mentimun ini hingga dapat digolongkan sebagai tanaman obat yang berkhasiat ?
Di beberapa daerah, mentimun juga memiliki sebutan lain seperti timu, ketimun,  katimun, antemun, lepang, dan lain sebagainya. Tanaman ini tumbuh merambat, batangnya sedikit basah. Tanaman obat ini juga memiliki sulur berbentuk spiral.

Daun mentimun merupakan daun tunggal dengan bentuk menyerupai bulat telur dengan ukurang cukup besar. Mentimun memiliki bunga jantan dan betina dengan bentuk menyerupai terompet.

Nah, buah mentimun memiliki bentuk yang unik. Bentuknya lonjong dan memanjang. Ukuran buahnya dapat mencapai 30 cm. Buahnya tumbuh secara menggantung. Buah mentimun muda warnanya hijau, semakin tua maka warnanya akan berubah makin kuning. Buah mentimun merupakan buah dengan kadar air yang sangat banyak.

Bagian Mana yang Bermanfaat dari Mentimun ?

Buah, biji, dan daun mentimun dapat digunakan sebagai ramuan herbal.

Apa saja Kandungan Kimia Mentimun ?

Mentimun mengandung enjima proteolytis, glutathione, saponin, serta vitamin B dan vitamin C

Manfaat dan Khasiat Mentimun


Tanaman obat mentimun dapat digunakan sebagai ramuan kecantikan, untuk mencerahkan kulit dan menghilangkan jerawat. Membantu memulihkan pencernaan yang bermasalah, memperlancar pembuangan urine, serta mengurangi hipertensi. Semoga bermanfaat.

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...