Khasiat Jambu Biji

jambu biji
Jambu Biji memiliki nama ilmiah Psidium guajava Linn. Di beberapa daerah dikenal dengan nama Jambu Batu, Jambu Klutuk, dan Jambu Bender. Bagaimana ciri-cirinya ?
Jambu Biji merupakan tanaman perdu dengan cabang dan ranting yang cukup banyak. Tanaman yang cukup populer ini dapat mencapai tinggi lebih dari 10 meter. Batang pohon Jambu Biji keras dan berwarna cokelat. Hati-hati bila memanjatnya karena permukaan batangnya cukup licin.

Daun Jambu Biji berbentuk elips, terkadang oval dan bundar. Pada umumnya saat berbunga akan muncul 1-3 bunga pada tiap tangkai. Warna bunganya putih.

Buahnya berbentuk bola dengan diameter antara sebesar genggaman anak kecil hingga orang dewasa. Buahnya berwarna hijau kekuning-kuningan. Seperti namanya buah ini memiliki banyak biji yang berukuran kecil.

Bagian Mana yang Bermanfaat ?

Tanaman obat Jambu Biji dapat dimanfaatkan buah, daun,dan kulit batangnya.


Apa Saja Kandungan Kimianya ?

Daun jambu mengandung minyak atsiri, asam psidiolat, asam kratogolat, asam oleanolat, asam ursolat, asam guajaverin, dan vitamin. Kulit batang, buah dan daunnya mengandung tanin. Kandungan gizi buah Jambu Biji dalam 100 gram antara lain kalori, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, protein,air, dan lemak.

Manfaat dan Khasiat

Tanaman buah Jambu Biji memiliki berbagai macam khasiat. Jambu Biji dapat digunakan untuk diabetes mellitus, maag, diare, beser, masuk angin, dan sariawan.

Semoga bermanfaat. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...